Kamis, 26 Februari 2015

Sambal Pada Makanan Indonesia

Sambal adalah suatu hidangan pelengkap yang sering kita jumpai. sebenarnya apaan sih sambal itu?! yuk kita cari tahu....?!!

         A.  Pengertian Sambal
Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.
Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. 

B. Fungsi Sambal
1. Meningkatkan rasa.
2. Menambah selera makan.
3. Mempercantik penampilan hidangan.

      C.  Bahan-Bahan yang Paling Sering Digunakan Untuk Membuat Sambal
·   Adyuma atau habanero adalah sejenis paprika kecil yang rasanya sangat pedas. Biasanya berwarna kuning.
·   Cabai cayenne berwarna merah dan sangatlah pedas. Banyak paprika yang rupanya mirip.
·   Cabai madame jeanette yang warnanya kuning atau hijau muda dengan rasa yang sangat pedas dan aromatis.
· Cabai rawit yang kecil dan berwarna merah atau hijau.
·  Cabai lombok bentuknya panjang dan warnanya merah atau hijau. Rasanya tidak sepedas cabai rawit.

       D. Bahan Bahan Tambahan
·  Dari hewan : Petis udang, petis ikan, bakasang (dibuat dari isi perut ikan)
o  Dari tumbuh tumbuhan : tomat, terong dll.
o  Bahan bahan lain yang berasal dari tumbuh tumbuhan : tempe, oncom, blondo.
o  Bumbu bumbu lain : bawang merah, kemiri, kluwek, dsb.

      E. Klasifikasi  Pembuatan Sambal
Pembuatan sambal diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: 
 Masak                         
1. Sebelum dihaluskan bahan-bahan dikukus, disangrai dahulu misalnya : sambal terasi dan sambal kacang.
2. Sesudah dihaluskan ditumis, dikukus misalya sambal bajak, dan sambal kelapa.
Mentah                        
1. Dipotong-potong misalnya dabu-dabu (Manado)
2. Bahan dasar dihaluskan, bahan tambahan di potong-potong, misalnya tomat gandaria (Betawi).

      F. Macam-macam Sambal Pada Makanan Indonesia
Di Indonesia  Setiap daerah mempunyai bermacam-macam sambal dengan ciri yang berbeda baik dari bahan,  rasa dan teknik pengolahannya. Berikut ini adalah macam-macam sambal pada makanan Indonesia.

1. Sambal Ijo
Sambal hijau adalah sambal yang berwarna hijau karena menggunakan cabai rawit hijau dan tomat hijau dengan tambahan bumbu lain Cocok untuk sambal lalapan tempe, ayam, dan ikan goreng.

2. Sambal Lado 
Sambal lado berasal dari Minangkabau. Bahan dari sambal ini cabai hijau, bawang merah, tomat hijau, garam, dan jeruk nipis. Sambal ini mudah ditemukan dalam masakan padang.

3. Sambal Tempoyak
Sambal ini terbuat dari tempoyak durian matang ditambah dengan cabai, bawang merah, bawang putih, gula, dan minyak. Sajikan dengan nasi putih hangat.

4. Sambal Belacan/Terasi
Sambal ini mengandung belacan atau terasi yang dilumatkan. Terasi ada 2 jenis yaitu terasi ikan dan terasi udang. Bahan yang digunakan untuk sambal belacan atau sambal terasi yaitu terasi, cabai, bawang merah, dan garam. Sambal terasi dapat dihidangkan bersama lalapan, dan lauk pauk yang dibakar maupun digoreng.

5. Sambal Bajak 
Bahan yang digunakan untuk membuat sambal bajak yaitu cabai, terasi, tomat, bawang merah, bawang putih, garam, air asam, dan gula.
 Dapat digunakan sebagai pelengkap sambal lalapan ikan, ayam goreng, maupun ayam bakar.

6. Sambal Gandaria
Sambal gandaria berasal dari daerah Betawi. Bahan yang digunakan yaitu buah gandaria, cabai, terasi, garam, dan gula. Sambal gandaria lebih nikmat jika di hidangkan bersama ikan asin goreng bersama lalapan.

7. Sambal Kemiri
Sambal ini mengandung kemiri dan parutan kelapa muda. Biasanya sebagai sambal soto.

8. Sambal Oncom
Sambal oncom adalah salah satu sambal dari  Jawa Barat. Bahan untuk membuat sambal ini kelapa dan oncom dengan tambahan bumbu cabai, bawang putih, terasi, kencur, jahe, garam dan gula jawa. Sambal oncom biasanya dihidangkan bersama lontong dan ketupat.

9. Sambal Tomat
Sambal ini dicampur dengan tomat , baik yang diiris kecil-kecil atau dilumatkan bisa juga tomat goreng. Sambal ini dihidangkan bersama lalapan, tempe, ikan bakar, ataupun ayam goreng. 

10. Sambal Cibiuk
Sambal cibiuk adalah salah satu khas dari Jawa Barat, kota Garut, persisnya dari kecamatan Cibiuk. Keunikan dari resep sambal cibiuk  ini terletak pada perpaduan antara cabai hijau,tomat hijau, kencur dan rempah lainnya. Sambal cibiuk cocok sebagai hidangan pelengkap dari aneka olahan ayam.

11.  Sambal Tumpang
Tumpang atau sambal tumpang adalah sebuah makanan khas dari Kota Kediri dan Solo. Cara penyajian sambal tumpang tak jauh beda dengan cara penyajian sambal pecel, yaitu dengan nasi yang di atasnya diberi aneka lalapan atau sayur-mayur yang telah direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan sambal tumpang dan diberi peyek sebagai pelengkap.
Sambal tumapang sendiri terbuat dari tempe yang agak masam atau hampir busuk dan dimasak dengan dicampur aneka bumbu untuk memperkaya rasa.

12.  Sambal Petis
Sambal yang dicampur dengan petis dan diencerkan dengan air matang. Sambal ini biasanya sering dihidangkan bersama gorengan ataupun sebagai tambahan bumbu memasak.

13.  Sambal Korek
Sambal Korek terbuat dari cabai, daun jeruk, dan garam, dinamakan korek karena biasanya disajikan dan langsung dikorek dengan makanan lainya seperti kerupuk.

14.  Sambal Matah
Sambal matah adalah sambal khas dari Bali. Sambal ini terbuat dari batang serai, terasi, bawang merah, gula, garam dan minyak. Sambal ini cocok dihidangkan dengan sate lilit.

15.  Sambal Embe
Sambal ini khas dari Bali. Sambal embe dibuat dari margarin, bawang merah, cabai, terasi, garam, minyak goreng, dan jeruk limau.

16.  Sambal Ikan Teri
Sambal ikan teri adalah sambal khas dari Lombok. Teri yang digunakan yaitu teri medan. Sambal ini dapat hanya dihidangkan dengan nasi hangat.

17.  Sambal Kaluku
Sambal kaluku terbuat dari ikan gabus yang ditambah dengan kelapa muda, cabe, bawang merah, bawang putih, daun seledri, daun jeruk, gula, dan garam.
Sambal kaluku bisanya disantap bersama dengan  buras, yaitu masakan sejenis lemper. Tetapi resep sambal kaluku ini juga enak disantap dengan masakan lain seperti aneka resep ayam, ikan, seafood hingga gorengan beserta nasi hangat.

18.  Sambal Tauco
Sambal ini berasal dari Makassar. Bahan sambal tauco yaitu cabe, ebi, tauco, gula merah, dan minyak goreng. Nikmat digunakan untuk menikmati gorengan.

19.  Sambal Dabu-dabu
Sambal ini berasal dari Manado terbuat dari tomat, bawang merah, garam, gula, jeruk limau, kemangi, minyak goreng panas, dan cabai. Sambal ini cocok dihidangkan bersama ikan bakar.

20.  Sambal Roa
Sambal roa adalah sambal yang berasal dari Manado. Sambal Roa dibuat dengan bahan utama ikan asap roa. Bahan untuk membuat sambal ini adalah ikan roa, gula, garam, minyak, tomat, cabe, bawang merah dan bawang putih. Sambal ini dihidangkan bersama bubur menado.

21.  Sambal Colo-colo
Sambal ini berasal dari  Papua, Menado, Maluku. Bahan yang digunakan adalah cabai, bawang merah, minyak, dan air jeruk nipis. Sambal ini nikmat dihidangkan dengan ikan bakar.

22.  Sambal Kenari
Sambal kenari khas dari Maluku. Bahan yang digunakan adalah kenari, bawang merah, cabai, terasi, garam, gula, dan lemon cina atau lemon cui.

23.  Sambal Mangga
Sambal mangga merupakan sambal terasi yang di campur dengan serutan atau potongan mangga muda. Sambal ini  nikmat dihidangkan dengan ikan bakar atau bebek goreng.

24.  Sambal Kecap
Sambal kecap  terbuat dari cabai, kecap, dan bawang merah. Cocok untuk teman makan tahu, tempe, dan telur dadar.

25.  Sambal Kacang
Sambal kacang adalah saus berbahan dasar kacang tanah ditambah dengan bumbu cabai, bawang putih, gula, garam. Sambal kacang digunakan untuk pelengkap sate dan ayam bakar.

26.  Sambal Pecel
Sambal pecel bentuk dan teksturnya sama dengan sambal kacang, hanya saja pembuatan sambal pecel ditambah dengan kencur. Sambal ini disiramkan diatas sayur.

27.  Sambal Jahe
Sambal jahe cocok untuk makan ikan bakar. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini yaitu cabe, jahe, bawang merah, bawang putih, garam dan gula. Cocok disantap bersama ikan bakar. 

       G.    Cara Menghidangkan Sambal
Macam-macam sambal sangat banyak ada di Indonesia. Sambal juga ada cara menghidangkan yaitu :
1. Sambal tersendiri                : contoh sambal yaitu sambal terasi
2. Sambal lalapan                    : ketimun, kacang panjang
3.Sambal dan lauk pauk           :
· Sambal taoge + rawon
· Sambal kemiri + soto
· Sambal kacang + sate ayam, sayur-sayuran
· Sambal gula + buah-buahan ( rujak manis )

H. Teknik Penyimpanan Sambal
Sambal adalah salah satu masakan yang mudah basi. Tidak sampai sehari disimpan disuhu kamar, sambal akan berubah rasa dan aroma. Tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses memasak sambal mejadi tahan lama yaitu :
1. Pastikan juga bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan belum busuk.
2. Pastikan alat memasak dalam keadaan bersih dan kering. Sisa makanan dan kotoran bisa jadi tempat kuman dan jamur berkembang biak sehingga membahayakan kesehatan dan sambal jadi tidak tahan lama.
3. Sambal akan tahan lebih lama bila bahan-bahanya dimasak terlebih dahulu sebelum diolah. Misalnya sangrai cabai tomat yang akan diolah sebelum dihaluskan.
4. Masak sambal dengan sedikit minyak sampai sambal benar-benar masak, yaitu sekitar 7-10 menit.
5. Simpan sambal dalam wadah bersih yang tertutup rapat, lalu simpan dalam kulkas atau freezer, tergantung berapa lama ingin menyimpan sambal. Bila disimpan dalam freezer, sambal akan tahan lebih lama. 

Okee, cukup sekian, untuk resep sambal lebih lengkapnya akan aku bahas pada pertemuan selanjutnya ya.. Terimakasiih sudah berkunjung semoga bermanfaat. 

1 komentar:

  1. Bisa jelasin kategori sambalnya ga?
    Yang misal nya sambal sebagai lauk & pelengkap

    BalasHapus